Bahaya begadang malam

kesehatan manusia


Begadang malam memang sering dilakukan baik remaja maupun orang dewasa, aktivitas yang dilakukannya pun beragam ada yang begadang hanya untuk mengobrol, kerja lembur, dan yang banyak adalah begadang untuk nonton sepak bola. Namun apakah kalian semua tau dibalik aktivitas begadang ini mempunyai efek yang tidak baik, terutama bagi kesehatan. Mungkin bila tidak sering dilakukan tidak akan terasa efeknya, namun apabila begadang dilakukan setiap malam akan ada efek yang tidak baik dan munculnya secara berskala.

Bila kalian sering begadang malam sebaiknya dihindari atau kalau memang tuntutan kurangi saja karena efeknya tidak baik bagi tubuh kita. Ada beberapa bahaya yang timbul apabila sering melakukan aktivitas begadang, diantaranya seperti dibawah ini.
  1. Memicu Hipertensi
  2. Bila kalian sering begadang malam akan memicu terjadinya hipertensi yakni tekanan darah meningkat sampai kronis dan itu merupakan gejala awal terjadinya stroke, aneurisma arterial, gagal jantung dan serangan jantung.
  3. Memicu Diabetes
  4. Bahaya lain dari seringnya begadang malam ialah memicunya diabetes, apabila orang tidur kurang dari 6 jam semalam, setelah bangun memiliki tingkat kadar gula tubuh tinggi, serta proses metabolismenya melambat.
  5. Terjadi Obesitas
  6. Gejala lainnya yang mungkin timbul ialah obesitas atau terjadi kegemukan, banyak pihak yang mengemukakan bahwa kurang tidur malam akan membuat tubuh menjadi kurus, namun ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur malah akan terjadi obesitas, kondisi ini terjadi karena orang yang kurang tidur menyebabkan pembentukan glukosa cepat, dan pada akhirnya munculnya diabetes serta pada saat yang bersamaan akan merasa lapar dan memicu munculnya nafsu makan.
  7. Memicu Gejala Stroke
  8. Dan yang terakhir mengenai bahaya begadang ialah terjadinya gejala stroke, apabila sering begadang malam dengan tidur kurang dari 6 jam semalam akan muncul terjadinya gejala stroke. Jadi kurangilah begadang untuk mengurangi resiko terkena stroke.
Itulah beberapa dampak yang bisa timbul apabila sering begadang, untuk itu saya sarankan agar kalian mengurangi aktivitas begadang bila tidak benar-benar diharuskan begadang karena banyak sekali resiko yang mungkin terjadi dan menyebabkan kurangnya konsentrasi. Mungkin itu sedikit artikel dari saya yang saya harapkan bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian terima kasih.
Bahaya begadang malam 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Bahaya begadang malam' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Friday, April 18, 2014

Belum ada komentar untuk "Bahaya begadang malam"

Post a Comment