Tips puasa yang baik di bulan ramadhan

puasa yang baik

Puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh semua kaum muslim, Puasa yang baik itu tidak hanya bisa menahan rasa lapar dan haus, tetapi juga harus bisa menahan hawa nafsu, rasa amarah, iri hati dan hal-hal negatif lainnya. Pada saat puasa ramadhan seperti saat ini menjaga pola makan adalah hal yang harus diperhatkan karena kebanyakan orang saat berbuka puasa malah langsung memakan makanan dengan dengan porsi yang banyak, padahal sebenarnya itu hal yang tidak baik untuk kesehatan karena sistem pencernaan tidak memproses makanan dala sehari jadi harus dilakukan proses secara perlahan.

Agar puasa bisa berjalan dengan lancar dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana menjalankan puasa dengan pola sahur dan berbuka yang baik.
  1. Pada saat makan sahur lakukan pada jam mendekati imsak dan dianjurkan mengikuti pola 4 sehat 5 sempurna, antara lain nasi, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan jika bisa meminum segelas susu. 
  2. Jika sempat pada siang hari tidurlah sejenak agar tenaga bisa terkumpul kembali.
  3. Segeralah berbuka jika waktu sudah tiba, jangan lupa berdoa terlebih dahulu dan usahakan meminum minuman yang hangat terlebih dahulu, kemudian jika ada makanlah beberapa butir buah kurma karena baik untuk memulihkan stamina.
  4. Seperti kata-kata saya diatas agar saat berbuka jangan langsung memakan makanan yang banyak dan berat-berat. Tunggu beberapa saat sampai perut normal, sambil menunggu perut normal anda bisa melakukan sholat magrib terlebih dahulu.
  5. Setelah sholat anda bisa segera memakan makanan yang berat seperti nasi, roti dll, tapi perlu diingat agar jangan terlalu berlebih karena itu akan membuat tubuh kita menjadi lemas, sehingga jadi malas ktika mau sholat tarawih.
  6. Setelah sholat tarawih anda bisa melanjutkan makan makanan yang kalian kehendaki.
  7. Bila mau anda bisa meminum vitamin agar daya tahan tubuh anda bisa tetap terjaga saat berpuasa.
Mungkin cuma itu sedikit tips sahur dan berbuka pada saat puasa yang baik, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih karena sudah berkunjung di blog http://secaraherbal.blogspot.com ini.
Tips puasa yang baik di bulan ramadhan 9 Out Of 10 Based On 10 Ratings. 9 User Reviews.
Share 'Tips puasa yang baik di bulan ramadhan' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Monday, July 22, 2013

Belum ada komentar untuk "Tips puasa yang baik di bulan ramadhan"

Post a Comment